Social Icons

Minggu, 17 Maret 2013

Troy


 
Lanjut film kedua ... Troy (2004) yang diangkat (katanya) dari puisi 'The Iliad' karya Homer, disutradari oleh Wolfgang Petersen. Film ini mengisahkan tentang perang Troya (tapi jalan ceritanya sangat berbeda dg yang dikisahkan Homer).

Konflik dalam film ini dimulai saat Paris (Orlando Bloom) membawa kabur Helen (Diane Kruger), istri Raja Menelous (Brendan Gleeson) ke Troya. Ketika tahu bahwa istrinya dibawa kabur, Raja Menelous meminta bantuan kakaknya, Raja Myceneae Agamemmnon (Brian Cox) untuk merebut kembali Helen. Tentu saja Agamemmnon tak keberatan karena dia sendiri sudah cukup lama ingin mencari alasan untuk berperang dengan Troya yang dilindungi Dewa Apollo tersebut.

Atas saran Nestor (John Shrapnel), Agamemmnon memerintahkan Odysseus (Sean Bean) untuk membujuk Achilles (Brad Pitt) agar ikut dalam peperangan tersebut. Achilles adalah manusia setengah dewa, anak dari Thetis (Julie Christie). Sebelum berangkat ke Troya, Thetis berkata pada Achilles bahwa jika ia tidak pergi ke Troya, ia akan hidup panjang bahagia dan punya anak, tapi setelah ia meninggal, namanya akan dilupakan dan tak seorang pun akan mengingat dia. Jika dia tidak pergi ke Troya, dia akan menemukan kemuliaan-Nya dalam pertempuran, namanya akan ditulis dalam sejarah selamanya, tetapi ia akan mati di sana. Achilles ingin namanya diingat dan memilih untuk pergi.

Akhirnya Achilles bersama pasukannya, Myrmidon berangkat ke Troya. Saat tiba di pantai Aegea, ada sedikit perlawanan dari Troya, namun bisa diatasi oleh Achilles dan pasukannya. Dengan cepat pasukan Sparta berhasil menduduki kuil Apollo dan menangkap Briseis (Rose Byrne), salah seorang anggota kerajaan.

Setelah terjadi peperangan, Sparta dan Troya mengadakan duel antara Pangeran Paris dan Menelaus dan mengadakan perjanjian, siapapun yang kalah harus menanggung konsekuensi peperangan. Karena Paris belum pernah menghadapi duel sebelumnya, dia sempat terpojok dan hampir terbunuh, tapi Hector (Eric Bana) menyelamatkannya. Hector membunuh Menelaus dan perjanjian pun batal.

Pada peperangan selanjutnya, Patroclus (Garrett Hedlund) berpura-pura menjadi Achilles dan memimpin pasukan Myrmidon untuk menyerang Troya. Saat menghadapi Hector, Patroclus tewas di tangannya. Mengetahui hal itu, Achilles menjadi sangat marah. Ia bergerak seorang diri menuju gerbang Troya untuk menghadapi Hector. Sebelum duel, Hector sempat menawarkan perdamaian, namun Achilles menolaknya. Achilles berhasil membunuh Hector dan menyeret jasad Hector hingga tepi pantai, tempat pasukan Sparta mendirikan camp.

Pada suatu malam, Raja Priam (Peter O'toole) menyusup ke tenda Achilles seorang diri demi meminta jasad anaknya. Karena tersentuh, Achilles membiarkan Priam membawa jasad Hector dan setuju untuk mengadakan gencatan senjata selama 12 hari.

Selama gencatan senjata, pasukan Sparta berpura-pura menghilang. Pantai terlihat kosong dan hanya ada patung kuda raksasa, yang ternyata berisi pasukan Sparta. Raja Priam membawa patung kuda itu pulang sebagai persembahan bagi Dewa Apollo. Pada malam harinya, saat semua rakyat Troya tertidur, Pasukan Sparta mulai bergerak keluar dari patung kuda raksasa itu. Dengan cara itulah mereka akhirnya bisa memasuki gerbang Troya yang sebelumnya tak pernah bisa ditembus itu.

Pasukan Sparta akhirnya dapat merebut kerajaan Troya. Raja Priam tewas di tangan Raja Agamemmnon, tapi Agamemmnon sendiri terbunuh oleh Briseis. Di akhir cerita, saat Achilles ingin menolong Briseis, ia dibunuh oleh Paris. Saat itulah Achilles menemui takdirnya.

Film ini ditutup dengan monolog dari Odysseus, “Jika mereka menulis cerita biar mereka mengatakan aku berjalan bersama raksasa. Manusia jatuh dan bangun seperti jagung di musim dingin. Tapi nama-nama ini takkan pernah mati. Biarkan mereka bercerita aku hidup di jamannya Hector, sang pahlawan hebat. Biarkan mereka bercerita aku hidup di jamannya Achilles."

Adegan peperangan dalam film ini sangat keren. Film yang menekankan pada aksi, bukan kisah cinta antara Paris dan Helen. Menurutku yang paling menegangkan adalah saat duel antara Achilles dan Hector, sedangkan scene yang paling mengaduk emosi adalah saat Priam menemui Achilles untuk meminta jasad anaknya. Film ini masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori Best Achievement in Costume Design.

Beberapa quote menarik dari dialog Troy nih:
#1
Before my time is done, I will look down on your corpse and smile!
-Achilles to Agamemmnon-

#2
Men die protecting you. Perhaps they deserve more than your pity.
-Achilles-

#3
There are no pacts between lions and men.
-Achilles-

#4
I'll tell you a secret. Something they don't teach you in your temple. The Gods envy us. They envy us because we're mortal, because any moment might be our last. Everything is more beautiful because we're doomed. You will never be lovelier than you are now. We will never be here again.
-Achilles-

#5
At night I sometimes see them. The faces of the men I killed. They're waiting for me on the far bank of the Styx. They say, Welcome, brother.
-Achilles-

#6
Men are haunted by the vastness of eternity. And so we ask ourselves: will our actions echo across the centuries? Will strangers hear our names long after we are gone, and wonder who we were, how bravely we fought, how fiercely we loved?
-Odysseus-

#7
This war will never be forgotten, nor will the heroes who fight in it. I lived in the time of Achilles.
-Odysseus-

#8
War is young men dying and old men talking. You know this. Ignore the politics.
-Odysseus-

#9
It is not an insult to say a dead man is dead.
-Odysseus-

#10
If they ever tell my story let them say that I walked with giants. Men rise and fall like the winter wheat, but these names will never die. Let them say I lived in the time of Hector, tamer of horses. Let them say.
-Odysseus-

#11
You say you're willing to die for love but you know nothing about dying and you know nothing about love!
-Hector-

#12
All of my life I have lived by a code and the code is simple: honor the gods, love your woman - and defend your country. Troy is mother to us all. Fight for her!
-Hector-

#13
The sun was shining when your wife left you.
-Paris-

#14
I loved my son from the moment he opened his eyes until the moment you closed them.
-Priam-

#15
If you stay in Larissa, you will find peace. You will find a wonderful woman, and you will have sons and daughters, who will have children. And they'll all love you and remember your name. But when your children are dead, and their children after them, your name will be forgotten... If you go to Troy, glory will be yours. They will write stories about your victories in thousands of years! And the world will remember your name. But if you go to Troy, you will never come back... for your glory walks hand-in-hand with your doom. And I shall never see you again.
-Thetis-

Quote dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Desain Cover